RINGKASAN MATERI TEKNOLOGI REPRODUKSI

TEHNOLOGI REPRODUKSI

Rekayasa reproduksi adalah upaya untuk mengembangbiakan makhluk hidup dengan teknik-teknik tertentu , misalnya dengan :

  1. kultur jaringan
  2. inseminasi buatan
  3. hibridisasi
  4. bayi tabung
  5. cloning

a. Kultur jaringan

Kultur Jaringan adalah teknik memperbanyak tanaman secara vegetative, yaitu dengan memperbanyak jaringan misalnya menumbuhkan mata tunas, daun pada media yang steril dengan nutrisi dan zat tumbuh yang lengkap sehingga  menjadi tanaman yang sempurna dalam jumlah yang tidak terbatas. Yang menjadi dasar kultur jaringan ini adalah teori totipotensi ( setiap sel mempunyai kemampuan untuk membelah bila kondisi memungkinkan).

Keunggulan teknik ini antara lain : mengasilkan keturunan dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu singkat, sifat anak sama dengan sifat induknya, dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin, kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional.

Urutan kultur jaringan : Pengambilan eksplan (jaringan)  penanaman eksplan dalam media yang kaya nutrisi  pembentukan kalus  planlet ( kalus tumbuh dan berkembang ) dipindahkan ke media tanah

b. Inseminasi buatan

Inseminasi buatan adalah proses bantuan reproduksi di mana sperma disuntikkan dengan  jarum suntik ke oviduk atau rahim pada saat induk betina mengalami ovulasi. Keuntungan teknik ini adalah tidak harus mendatangkan hewan pejantan, tetapi hanya spemanya saja, sehingga kemungkinan terjadi pembuahan lebih besar, dibandingkan secara alami.

c. Hibridisasi

Mengembangbiakan tumbuhan dengan menyilang beberapa sifat yang berbeda sehingga dihasilkan keturunan yang mempunyai sifat yang unggul.

d. Bayi Tabung

Tehnik reproduksi yang sengaja dilakukan manusia dengan cara mempertemukan sel sperma dan ovum di luar tubuh, yaitu dalam suatu tabung sehingga disebut fertilisasi in vitro. Setelah beberapa hari zygote akan ditumbuhakan ke dalam rahim.

e. Kloning

Proses menghasilkan individu baru yang berasal dari satu induk, sehingga memiliki sifat sama persis/identik dengan induknya. Kloning merupakan proses reproduksi aseksual . Contoh : terjadinya domba dolly.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s